VISI
Menjadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis uang unggul berkarakter Bela Negara.
Visi merupakan guidelines bagi seluruh civitas akademika dalam menyelenggarakan tugas tridharmanya untuk mencapai cita-cita bersama dalamkurunwaktuyangtelahdisepakatiyaitu25tahun.Maknavisidalam mencapai keunggulan tridharmanya yang akan mengantarkan ke World Class Universityyangdilandasidengannilai-nilaikarakterbelanegara
Konsep keunggulan pendidikan tinggi dipengaruhi oleh keunggulan input elemen Dosen, Tenaga Kependidikan, Manajemen, Layanan Pendidikan, Sarana Penunjang, Program Pendidikan Pengajaran, Program Penelitian dan Program PengabdianMasyarkat. Kedelapan elemen tersebut diperlukan proses yang berkesinambungan menuju capaian yang tinggi dalam output danoutcome.
Berdasarkan konsep keunggulan pendidikan tinggi yang dipengaruhi oleh keunggulan elemen Dosen, Tenaga Kependidikan, Manajemen, Layanan Pendidikan, Sarana Penunjang, Program Pendidikan Pengajaran, Program Penelitian dan Program Pengabdian Masyarkat. Elemen keunggulan manajemen dalam pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui aktivitas:
1. ElemenPendidikan
Salah satu standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan berdasarkan sikap dan dijelaskan dalam rumusan sikap adalah:
2. Elemen Penelitian dan PengabdianMasyarakat
Terbitnya luaran artikel ilmiah melalui wadah Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang berbasis konsep bela negara, sebagai media untuk memfasilitasi publikasi artikel Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dosen maupun Mahasiswa (hasil riset dan/atau Tugas Akhir dan Tesis) yang berorientasi bela negara
Kesadaranbelanegaramerupakansatuhalyangesensialdanharusdimilikiolehsetiap Warga Negara Indonesia (WNI), sebagai wujud penunaian hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara. Kesadaran bela negara menjadi modal dasar sekaligus kekuatan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.Peradabanyangungguldanmuliamelaluimasyarakatdanbangsayangbaik(good society and nation), damai, adil dansejahtera.
Hal tersebut diatas selaras dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) mengatur mengenai Upaya Bela Negara yaitu ketentuan Pasal 27 Ayat (3): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara,” dan Pasal 30 Ayat (1): “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanannegara.” Penguatan pendidikan karakter dilaksanakan melalui pendekatan guru dan siswa secara langsung melalui kegiatan pembelajaran dalam kelas, laboratorium, pembelajaran luar kelas dan ekstra-kurikuler pada setiap semester, yang juga dilakukan dengan pendekatan budaya.
Proses pembudayaan dan pemberdayaan Unggul Berkarakter Bela Negara dijelaskan secara konsep, proses dan aktualisasi. Pembudayaandanpemberdayaanunggulberkarakterbelanegaramelalui3elemenyaitudasar konseptual, dasar filosofis dan yuridis serta dasar empiris (best practices) melalui intervensi dan habituasi pada lingkungan keluarga, institusi dan masyarakat untuk menuju aktualitas unggul berkarakter bela negara. Intervensi dan habituasi pada lingkungan keluarga, institusi dan masyarakat wajib didukung oleh piranti kebijakan, pedoman, sumber daya, lingkungan, sarana prasarana, atmosfir kebersamaan dan komitmen pemangkukepentingan.penelitiandanpengabdianmasyarakatyangmembentukdanmemfusikan5instrumenkarakter serta nilai-nilai bela negara dengan tetap melekatkan (inherent) ciri kerakyatan, ciri kesemestaan dan ciri kewilayahan yang ditetapkan oleh Kementerian Pertahanan, guna membentukLulusanBerkarakterBelaNegaradanterwujudnyaPelajarPancasila.
MISI
Berdasarkan pada visi FEB UPNVJT maka di tetapkan misi sebagaiberikut:
TUJUAN
Unit Pelaksana Teknis |
Biro |
Institusi |
Digital Resource |
Sistem Informasi |